Tentang Desa Mampu

Pada 2015 ini, Institute for Educational Development, Social, Religious, and Cultural Studies (Infest) bekerjasama dengan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Pemerintah Australia menjalanan program Maju Perempuan untuk Penanggulangan Kemiskinan (Mampu) sebagai bagian dari dukungan terhadap implementasi Undang-undang (UU) nomor 6 tahun 2014 tentang Desa di lima Kabupaten: Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Takalar, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Malang.

Infest memandang UU Desa menjadi salah satu peluang dan titik tolak penting dalam upaya mendorong perbaikan tata kelola pemerintahan di tingkat desa. Disahkannya UU Desa memberikan kesempatan baru bagi pemerintah desa dan masyarakat untuk mengembangkan pendekatan, metode, dan cara dalam proses pengembangan pembangungan di tingkat desa.

Bertajuk “Penguatan Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintahan Desa Melalui Pemanfaatan ICT dan Penguatan Akses Perempuan pada Pembangunan di Tingkat Desa”, kami secara umum mencoba utuk membuat beberapa model perubahan tata kelola keuangan pemerintahan desa. Inisiatif ini mencakup:

1. Pemanfaatan ICT untuk perbaikan tata kelola, akuntabilitas dan transparansi pada penyelenggaraan pemerintahan desa;

2. Pengembangan kapasitas kelompok perempuan di tingkat desa untuk penguatan peran dan akses perempuan pada pembangunan tingkat desa;

3. Pengembangan metode “Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis Apresiasi dan Aset”;

4. Tata kelola pengetahuan dan informasi tentang inovasi dan pemerintahan desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *