Ragam Media Informasi di Desa

Informasi telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. informasi yang tepat menjadi dasar pengambilan keputusan yang tepat pula. Informasi publik yang menyangkut hajat hidup orang banyak  wajib dikabarkan. Apa saja informasi yang menyangkut hajat hidup orang banyak? Di desa informasi mengenai perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan, penganggaran keuangan desa, pelayanan kesehatan dan pendidikan dapat menjadi contohnya.  Oleh karena itu, keterbukaan informasi menjadi penting sebagai pintu masuk partisipasi warga untuk mewujdukan desa yang berintegritas. Di sisi lain, keterbukaan informasi juga mendorong kepercayaan warga kepada aparat pemerintahan.

[baca juga: Pelayanan Informasi di Desa]

Kunci dari penyampaian informasi kepada warga ialah efektifitas. Wujudnya berupa pemilihan media dan isi pesan. Artinya, semakin mudah dipahami dan diakses oleh masyarakat, penyampaian informasi dapat dikatakan berhasil. Media informasi apa saja yang bisa dimanfaatkan?

1. Forum warga

Musyawarah, rembug, atau pertemuan-pertemuan warga menjadi wujud kearifan lokal desa-desa di Indonesia. Hampir di setiap desa mempunyai cara masing-masing dalam menggelar forum warga, baik yang formal maupun informasi. Forum formal misalnya pertemuan musyawarah desa dalam menyusun perencanaan dan pertanggungjawaban pembangunan desa.

Forum informal juga bisa digunakan sebagai media penyampaian informasi, misalnya kenduri desa, pertemuan adat, dan pengajian. Biasanya, dalam pertemuan informal suasana yang terbangun begitu hangat dan cair. Sehingga, penyampaian informasi tidak terlalu kaku dan mudah dipahami.

[baca juga: Desa Tunjungtirto Berhasil Terapkan Transparansi Anggaran]

2. Papan pengumuman

Papan pengumuman bisa menjadi salah satu alternatif media informasi desa yang efektif. Semua informasi tertulis dapat ditempelkan melalui papan ini. Usahakan, titik strategis yang bisa diakses oleh seluruh warga, misalnya di depan kantor desa, balai desa, masjid, balai pedukuhan, dan titik-titik biasa warga berkumpul. Informasi pun dapat disampaikan secara berkala.

[baca juga: Pasang Pengumuman APBDesa]

 

3.  Portal Informasi Desa

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi turut menunjang keterbukaan informasi di desa. Portal informasi menjadi salah satu mediumnya. Informasi-informasi penting seputar perkembangan pembangunan desa, dinamika pedesaan, tata kelola keuangan, praktik perekonomian menjadi topik-topik menarik dan penting. Dengan portal informasi, semakin memperluas jangkauan informasi. Misalnya, warga yang sedang merantau dapat terus mengikuti perkembangan dan dinamika di desanya. Yang terpenting pula, apabila warga yang sedang merantau juga bisa mengakses berbagai pelayanan melalui portal informasi desa.

[baca juga: Pemuda Desa Kucur Kabarkan Desanya]

4. Radio komunitas

Radio komunitas bisa menjadi media penyebaran informasi di desa. Karakter radio dengan sistem pemancar cocok untuk diterapkan di wilayah dengan karakter pegunungan atau pemukiman menyebar. Selain sebagai media penyebaran informasi, radio bisa juga dimanfaatkan sebagai media hiburan warga, seperti musik dan drama.

Tentu masih banyak lagi media warga yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana penyampaian informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.