DesaKucur.Net Launching di Puncak Acara Bersih Desa

DesaKucur.net, portal informasi Desa Kucur Kecamatan Dau, Kabupaten Malang diluncurkan berbarengan dengan puncak Selamatan Desa, (28/9/2015). Portal informasi desa turut dihadiri Bupati Malang, Rendra Kresna. Puncak Selamatan Desa berlangsung meriah dan dihadiri Camat, kepala desa se-Kecamatan Dau, tokoh masyarakat, dan masyarakat Desa Kucur.

 

sambutan Bupati Malang Launching website di puncak acara bersih Desa Kucur

sambutan Bupati Malang Launching website di puncak acara bersih Desa Kucur

Edi Santoso selaku Tim Pengelola Informasi Desa Kucur dalam paparannya menyampaikan bahwa, kehadiran portal desa ini berdasar pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

“Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia,” paparnya.

Selain itu, salah satu kewajiban pemerintah desa yang dijamin dalam UU Desa ialah menyampaikan informasi desa kepada masyarakat menggunakan media yang paling mudah diakses masyarakat. Atas dasar inilah DesaKucur.net dibuat.

DesaKucur.net bertujuan untuk menginformasikan seluruh potensi dan aset yang ada di desa kepada masyarakat luas. Selain itu, menurut Edi portal desa ini akan menjadi sarana keterbukaan informasi keuangan di desa. Masyarakat bisa mengakses langsung pelayanan dan penggunaan keuangan desa.

DesaKucur.net memang belum sempurna. Edi bersama dengan pemerintah desa akan mengajak pemuda untuk menulis potensi desa. Sebagai jurnalis warga mereka akan menginformasikan seluruh kejadian yang ada di desa. “Merekalah nanti yang akan mengisi berita desa”, terangnya.

Antusias Masyarakat Desa Kucur pada Puncak Selamatan desa

Antusias Masyarakat Desa Kucur pada Puncak Selamatan Desa

Abdul Karim selaku Kepala Desa Kucur juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa portal desa ini nanti akan menjadi portal informasi desa. Namun menurutnya web ini tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada partisipasi warga. Karim juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten untuk mengusahakan jaringan internet di Desa Kucur.

“Pak Bupati, Desa Kucur sampai hari ini agak susah sinyalnya. Kabel telpon tidak sampai ke sini,” terangnya dihadapan bupati dan ratusan undangan yang hadir. Karim sedikit mengiba kepada bupati agar segera diusahakan jaringan di Desa Kucur.

Menanggapi permintaan Karim, Bupati Malang Rendra Kresna berjanji akan mengkoordinasikan dengan Dishubkominfo. “Pemerintah kabupaten akan berkoordinasi dengan para pemilik jaringan agar Desa Kucur ini tidak blank spot,” tutur Rendra di hadapan masyarakat.

Rendra sangat mengapresiasi Desa Kucur yang telah membuat portal desa berupa Web Desa. Menurut Rendra, Kucur ini letaknya berada di lereng Gunung Kawi, namun berani membuat terobosan dengan membuat web desa. “Ini adalah upaya yang sangat luar biasa, desa-desa yang berada di perkotaan belum tentu memiliki website, tapi desa kucur sudah berani mengawali”, lanjutnya.

Dengan portal ini, menurut Rendra segala potensi yang ada di desa bisa disampaikan kepada masyarakat di seluruh dunia. Bupati Malang ini berharap agar portal desa bisa dijadikan sarana informasi di desa. [Edi]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.